15+ Olahraga Ekstrem yang Ada di Dunia

Olahraga Ekstrem – Selamat datang di portal dunia suka-suka, tempat mencari inspirasi dan gudangnya referensi. Melakukan olahraga penting untuk kesehatan jasmani. Pentingnya olahraga bagi tubuh bisa kita ilustrasikan dengan sebuah mesin yang tidak pernah digunakan/digerakkan. Lambat laun, bagian-bagian dari mesin akan rusak karena tidak terlatih untuk terus bergerak/bekerja.

Demikian pula tubuh, jika kurang gerak, tubuh akan menjadi bermasalah dan tidak sehat. Dengan berolahraga, tidak hanya otot-otot yang terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf pun akan bekerja menjadi lebih baik.

Banyak sekali jenis-jenis olahraga yang bisa kita lakukan agar tubuh kita tetap terjaga. Namun, Olahraga berikut ini tidak seperti olahraga pada umumnya Selain menantang maut, resiko cedera juga sangat besar bagi para atlet yang menggeluti olahraraga ekstrem ini. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Berikut ini sepuluh olahraga paling ekstrem di dunia.

1. Parkour

olahraga ekstrem

Parkour merupakan salah satu jenis olahraga yang aktivitasnya bertujuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain dengan cara seefisien dan secepat mungkin. Melihat gerakan-gerakan yang berbahaya resiko yang didapatkan sangat tinggi, salah mengambil langkah dapat mengakibatkan cedera yang fatal bahkan bisa sampai menyebabkan kematian.

 

2. Paralayang

paralayang

Paralayang merupakan salah satu cabang dari olahraga terjun bebas. Alat yang digunakan dalam olahraga ini adalah sebuah parasut. Biasanya paralayang dilakukan di sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin

3. Arung Jeram

arung jeram

 

Arung Jeram atau bisa disebut juga dengan rafting adalah sebuah aktifitas yang memadukan unsur petualangan adventure, edukasi, olahraga, dan rekreasi dengan mengarungi alur sungai yang ber ‘jeram’ menggunakan media boat karet, dayung, kayak, dan kano.

Selain menguji nyali, aktifitas rafting juga beresiko namun asal setia mengikuti aba-aba yang diberikan pemandu, maka semua akan aman-aman saja ? . Namun selain nyali, kondisi fisik yang prima juga sangat disarankan untuk dijaga agar bisa melewati tiap rintangan yang ada

4. Canyoning

canyoning

Jenis olahraga ini berbasis penelusuran singai, air terjun, dan ngarai yang menggunakan beragam teknik disiplin alam bebas. Beberapa teknik yang umum dipadukan di antaranya adalah pemanjatan atau climbing, rapeling (turun tebing), berenang, dan lompat tebing. Dalam kondisi tertentu, diving juga termasuk bagian dari canyoning.

5. Sky Diving

sky diving

Sky Diving merupakan salah satu olahraga terjun bebas. Mirip dengan paralayang bedanya sky diving terjun dari atas pesawat di ketinggian sekitar 200 mdpl. Sebelum parasut dibentangkan kita bisa bergaya bebas diatas udara. Orang yang ingin memainkan olahraga ini disarankan tidak mengidap penyakit jantung dan epilepsi.

6. Mountain Biking

mountain biking

Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan sepeda yang dirancang khusus untuk trek berat. Sepeda gunung hampir sama dengan sepeda lainnya, tetapi menggabungkan fitur yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan dan kinerja di medan kasar

7. Wingsuit Flying (Inovasi dari sky diving)

wingsuit

Olahraga ini merupakan inovasi dari sky diving namun, lebih menantang lagi. Wingsuit Flying adalah olahraga ekstrem dengan menerbangkan tubuh di udara menggunakan wingsuit, sebuah sayap buatan yang berupa jumpsuit, khusus didesain untuk terbang melayang di udara.

Untuk bisa menikmati olahraga ini, para penerbang harus berada pada ketinggian tertentu kemudian terjun bebas dan melayang diudara sambil membentangkan sayap layaknya burung. Olahraga ini hanya diperbolehkan untuk para skydiver yang setidaknya sudah pernah melakukan 200 kali terjun dari udara

Coba lihat guys para atlit wingsuit sedang beraksi, kira-kira pada berani ga mainin olahraga ini

8. Surfing

surfing

Surfing adalah olahraga ekstrem yang menguji seberapa hebat kelincahan kita dalam memainkan papan diatas ombak. Adrenalin akan terpacu karena peselancar harus memadukan antara mengarahkan kemudinya dan menjaga keseimbangan, dan itu dilakukan diatas ombak ganas yang sewaktu-waktu bisa merenggut nyawa si peselancar.

9. Sand Boarding

sand boarding

Sesuai dengan namanya, sandboarding hampir sama dengan snowboarding, yang membedakan hanya medannya saja. Para pemain nggak butuh peralatan khusus untuk melakukannya, cukup papan luncur dan mungkin helm sebagai pelindung kepala. Resiko yang mungkin terjadi adalah patah tulang, sesak nafas karena debu yang masuk ke hidung.

10. Bunge Jumping

bunge jumping

 

Olahraga bunge jumping merupakan istilah yang menggambarkan sebuah aktivitas di mana seseorang melompat dari sebuah tempat tinggi dengan satu ujung dari tali elastis yang ditempel di badan atau pergelangan kaki dan ujung tali satunya terikat ke titik lompatan. Peloncat akan naik dan turun sambil bergelantungan dengan posisi tubuh terbalik sampai energi dari loncatan habis.

11. Slacklining

slacklining

Olahraga ini melatih keseimbangan para pemainnya, dimana mereka harus berjalan di seutas tali webbing yang kedua ujung nya terikat dengan tempat yang sudah ditentukan. Butuh ketenangan dan konsentrasi penuh untuk berjalan sampai di titik finish yang telah ditentukan.

12. Ski Salju

snowboard

 

Perpaduan antara skating, snowboarding, dan skiing. Dikenal dengan istilah snow bliding/ski bliding. Perlengkapan yang dibutuhkan untuk olahraga ini adalah papan ski yang dimodif, berukuran 80-120 cm, simetrikal, dengan ujung yang kembar, lebih besar dari papan ski dan baju musim dingin. Cedera yang akan ditimbulkan apabila salah dalam teknik bermain ski ini adalah patah tulang kaki

13. Panjat Tebing

panjat tebing

Panjat tebing adalah olahraga yang menuntut fisik dan mental, salah satunya menguji kekuatan pemanjat, daya tahan, kelincahan dan keseimbangan bersama dengan kontrol mental. Untuk melakukan olahraga ini harus menyiapkan berbagai macam peralatan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

14. Street Luging

street luging

Streer Luging merupakan aktivitas extreme yang melibatkan teknik luncur bebas dengan kecepatan sekitar 70 mil/jam (115 km/jam) dari  jalan-jalan menurun dengan mengunakan peseluncur seperti skyboard. Bedanya, olahraga ini dilakukan dengan cara berbaring diatas papan yang digunakan.

Orang yang melakukan olahraga ini harus memakai peralatan khusus seperti baju balap dari kulit, helm, sarung tangan dari kulit. Hal itu diperlukan untuk meminimalisir terjadinya cedera. Resiko yang akan dihadapi apabila berolahraga ini adalah mengalami patah tulang apabila memacu kecepatan dengan 115 km/jam dan terhempas di jalanan.

15. Kite Surfing

kite surf

Kite Surfing merupakan kombinasi dari beberapa olahraga yaitu, paralayang, windsurfing dan juga gymnastic. Olahraga ini seperti olahraga surfing tapi bedanya bukan bermain ombak, melainkan didorong oleh angin layang-layang.

Dalam kegiatan ini, para peselancar kiteboarding berdiri di atas papan seluncur khusus kemudian memanfaatkan hembusan angin untuk menakhlukkan air dan melayang di udara kemudian turun lagi berselancar di atas permukaan air dengan memperagakan berbagai gerakan akrobatik.

16. Sky Boarding

sky board

Olahraga ini mirip sekali dengan skydiving cuma bedanya olahraga ini terjun bebas dengan menggunakan papan yang tentunya tingkat kesulitannya bertambah. Karena kaki tidak dapat bergerak bebas seperti skydiving.

17. Base Jumping

base jump

Olahraga yang satu ini menduduki posisi paling atas diantara olahraga paling berbahaya di dunia. Dilaporkan bahwa terjadi 1 kematian untuk setiap 2.317 lompatan. Sebenarnya olahraga ini hampir mirip dengan terjun payung hanya saja waktu pendaratan yang jauh lebih singkat sehingga meningkatkan resiko kegagalan dalam mengembangkan parasut saat mendarat.

Pada olahraga BASE Jumping, si atlet yang disebut Jumper melemparkan diri dari salah satu struktur BASE. Kata BASE sendiri banyak diartikan sebagai Building (gedung), Antena (antena), Span(Jembatan) dan Earth(Bumi) yang mengacu pada tebing. Sebelum mendarat, parasut harus membentang dengan sempurna agar pendaratannya bisa aman. Jika parasut tidak membentang dengan sempurna atau gagal, maka resikonya adalah maut.

Coba lihat orang-orang yang sedang melakukan olahraga extreme ini. Mungkin nyawanya ada 9 kali yaa. hehe

baca juga pengertian, sejarah, macam-macam, dan cara melakukan senam lantai

18. Flyboarding

flyboarding

Olahraga air ini merupakan kombinasi antara jetski, snowboard, berenang, hingga senam indah. Pada kaki kamu akan dipasang perangkat flyboard yang menyemburkan air dengan tekanan tinggi hingga memungkinkan kamu melayang di atas permukaan air setinggi 5 hingga 9 meter lebih. Keseimbangan tubuh jadi modal utama untuk berakrobatik di udara dan menyelam dalam air.

19. Kayaking

kayaking

Sekilas cara bermainnya mirip dengan rafting, bedanya adalah kayaking dimainkan oleh single player sedangkan rafting dimainkan secara berkelompok. Hal inilah yang membuat bermain kayaking jauh lebih menantang daripada bermain rafting.


Nah, itu tadi sedikit gambaran tentang olahraga-olahraga ekstrem di dunia. Setelah kamu membaca, olahraga mana yang ingin kamu coba? Siapkan dirimu

Leave a Comment

%d bloggers like this: