15 Khasiat dan Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Terbukti [Ampuh!]

Manfaat Labu Siam – Labu siam merupakan salah satu makanan yang sering dimakan oleh orang Indonesia. Di wiliyah Jawa, makanan ini sering disebut dengan istilah “jipan/jipang”. Sedangkan di dunia labu siam lebih dikenal dengan istilah Chayote. Labu siam sendiri bukan merupakan makanan khas dari Indonesia. Sama seperti namanya, labu siam berasal dari daerah Siam, salah satu daerah di Thailand. Labu siam adalah sayuran yang masuk ke dalam keluarga Cucurbitaceae dan masih satu keluarga dengan mentimun dan labu kuning. Nama ilmiah dari labu siam sendiri adalah Sechium Edule.

Pohon labu siam ini jenisnya termasuk kedalam tanaman merambat yang memiliki sulur-sulur dimana nantinya akan menjadi tempat tumbuhnya dari labu siam itu sendiri. Labu siam dapat tumbuh ditempat yang lembab namun tidak becek dan tidak mengandung banyak air. Untuk masa panennya labu siam bisa dipanen setiap 30 hari sekali dari masa tanamnya. Memang tidak seperti sayuran yang lain yang masa panennya setiap beberapa bulan sekali.

Buat orang yang belum tahu labu siam bukanlah termasuk golongan dari buah, melainkan termasuk golongan sayuran walaupun namanya labu. Labu siam mempunyai bentuk bulat seperti buah pir dan berwarna hijau. Berdasarkan penelitian dari para pakar kesehatan menemukan jika kandungan protein yang terdapat pada labu siam merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bahkan sebuah penilitian di Universitas North Florida menemukan bahwal labu siam banyak mengandung vitamin.

Ternyata labu siam juga merupakan sayuran yang rendah akan kalori. Selain mengandung nutrisi dan vitamin masih ada banyak kandungan yang terdapat pada labu siam seperti tinggi serat dan juga kaya akan mineral.

Kandungan Gizi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya labu siam terdapat banyak sekali berbagai macam kandungan yang didalamnya terdapat nilai gizi yang tinggi. Berikut ini kami sajikan tabel nilai gizi yang terdapat pada labu siam.

Labu Siam (Sechium edule) dalam keadaan mentah,
di dalam setiap 100 gram, mengandung:
Kandungan Nilai Gizi Presentase berdasarkan Saran Penyajian
Energi 19 Kcal <1%
Karbohidrat 4.51 g 3.5%
Protein 0.82 g 1.5%
Total Lemak 0.13 g <1%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat 1.7 g 4.5%
Vitamin
Folat 93 µg 23%
Niacin 0.470 mg 3%
Asam Pantothenic 0.249 mg 5%
Pyridoxine 0.076 mg 6%
Riboflavin 0.029 mg 2%
Thiamin 0.025 mg 2%
Vitamin A 0 IU 0%
Vitamin C 7.7 mg 13%
Vitamin E 0.12 mg <1%
Vitamin K 4.1 µg 4%
Elektrolit
Sodium 2 mg <1%
Potassium 125 mg 2.5%
Mineral
Kalcium 17 mg 1.7%
Zat Besi 0.34 mg 4%
Magnesium 12 mg 3%
Zat Mangan 0.189 mg 8%
Fosfor 18 mg 2.5%
Selenium 0.2 µg <1%
Zinc 0.74 mg 7%

Dengan adanya berbagai kandungan yang ada pada labu siam lalu apa manfaat dari labu siam ini ? Simak penjelasan manfaat labu siam dibawah ini

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Dilihat dari kandungan yang ada pada labu siam dimana zat-zat yang terkandung didalamnya bagus untuk tubuh pasti memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan tubuh. Untuk kesehatan labu siam memiliki banyak sekali manfaat mulai dari menyembuhkan berbagai macam penyakit sampai bisa juga untuk membantu menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan

Menurunkan Berat Badan

manfaat labu siam untuk menurunkan berat badan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya labu siam termasuk sayuran yang rendah akan kalori. Perlu kamu ketahui labu siam hanya mengandung 16 kalori saja didalam setiap 100 gramnya. Selain itu dilihat dari tabel kandungan gizi diatas labu siam tidak mengandung lemak jenuh dan juga kolesterol sama sekali. Labu siam juga kaya akan serat yang cukup tinggi. Sehingga dilihat dari kandung-kandungan yang terdapat pada labu siam, sayuran ini sangat cocok kamu gunakan dalam menjalankan program diet mu

Mencegah Bayi Lahir Cacat

Di dalam labu siam terdapat kandungan B complex yaitu Folat yang cukup baik. Kandungan folat yang ada pada labu siam yakni 93µg dalam 100 gram labu siam atau setara dengan 23% dari kebutuhan folat yang dianjurkan.  Folat sendiri sangat diperlukan pada saat proses pembelehan sel yang terjadi di dalam rahim, sehingga untuk ibu yang sedang hamil folat sangat membantu bagi tumbuh kembang sang janin selain itu juga memperkecil resiko terjadinya cacat pada bayi nantinya.

Khasiat Labu Siam untuk Menurunkan Kolesterol

 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berdasarkan pada tabel kandungan gizi diatas labu siam tidak mengandung lemak jenuh, bahkan untuk kandung kalorinya sendiri sangat rendah. Berdasarkan faktor tersebut, labu siam merupakan sayuran yang cocok untuk mengendalikan kadar kolesterol yang tinggi. Dan sangat baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi. Maka dari itu ketika kada kolesterol tinggi segeralah untuk mengkonsumsi labu siam agar kolesterol segera turun kembali.

Mencegah Penyakit Kanker

Didalam labu siam terdapat kandungan oksidan yaitu apigenin dan juga luteolin. Dua jenis antioksidan ini lah yang berfungsi untuk melawan dan membersihkan radikal bebas dan zat kotor pada tubuh penyebab kanker pada tubuh. Maka dari itu dengan mengonsumsi labu siam berarti anda sudah meminimalisir terkena penyakit kanker.

Sumber Stamina

Tanaman labu siam dikenal juga mengandung zat potassium yang merupakan salah satu jenis elektrolit, kandungan inilah yang berguna sebagai sumber stamina untuk tubuh kita. Kandungan potassium yang terdapat pada labu siam sebanyak 125mg per 100gramnya.

Manfaat Labu Siam untuk Mencegah Penuaan Dini

Manfaat labu siam yang selanjutnya yaitu untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Di dalam labu siam terdapat kandungan Flavonoid. Kandungan zat inilah yang berguna untuk membasmi dan menghancurkan zat-zat berbahaya dan jahat seperti Reactive Oxygen Species (ROS) yakni zat yang merupakan turunan dari oxygen namun bersifat reaktif dan negatif sehingga cenderung termasuk kedalam zat jahat yang dapat membahayakan bagi tubuh. Faktor tersebutlah yang menyebabkan terjadinya penuaan dini pada tubuh.

Sumber Antioksidan

Di dalam labu siam terdapat sekitar 7,7 mg vitamin C. Vitamin C sendiri termasuk salah satu antioksidan yang berguna untuk membantu mencegah kerusakan sel maupun untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Dengan mengonsumsi sedikitnya 100 gram labu siam, maka anda akan memenuhi sekitar 13 dari total kebutuhan vitamin C tubuh yang dianjurkan setiap harinya.

Manfaat Labu Siam untuk Mengobati Batu Ginjal

Ternyata selain dari buah labu siam, ada organ lain yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Daun dari tanaman labu siam dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati batu ginjal. Hal ini seperti yang diungkapkan dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh University North Florida bahwa daun labu siam berkhasiat untuk mengobati penyakit batu ginjal, selain itu daun labu siam juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan darah tinggi.

Mencegah Sembelit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa labu siam mengandung serat yang tinggi. Nah, dengan mencampurkan labu siam kedalam makanan yang kita konsumsi itu berarti akan menambah asupan serat yang dibutuhkan tubuh kita. Serat tersebut berguna untuk membantu melancarkan proses pencernaan makanan. Dengan begitu resiko terkena sembelit akan berkurang karena serat yang diperlukan oleh tubuh terpenuhi dan juga proses pencernaan di dalam tubuh berjalan dengan lancar.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sudah disinggung sebelumnya bahwa labu siam juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh University Purdue. Dalam penelitian tersebut daun labu siam digunakan sebagai teh atau dikonsumsi dalam bentuk minuman, hasilnya setelah beberapa saat mengonsumsi teh tersebut tekanan darah menjadi turun.

Mengobati Kembung

Ternyata labu siam juga dapat berguna untuk mengatasi gangguan pada perut. Misalnya ketika anda mengalami perut kembung, cobalah untuk meminum teh dengan irisan daging labu siam. Ini karena ternyata di dalam labu siam terdapat kandungan unsur-unsur yang termasuk dalam zat diuretik yang salah satu manfaatnya yakni untuk mengobati perut kembung.

Mencegah Penyakit Jantung

Labu siam banyak mengandung vitamin esensial yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu vitamin C yang juga berguna sebagai antioksidan. Sebagai anti oksidan vitamin C dapat mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas dan zat jahat seperti salah satunya yaitu penyakit jantung.

Sebagai Sumber Mineral

Labu siam banyak sekali mengandung berbagai macam jenis mineral diantaranya yaitu potassium, zat besi, fosfor. Kandungan mineral tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, menjaga kekuatan dan kepadatan tulang dan gigi, mempertahankan kesehatan metabolisme.

Mencegah Anemia

Penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah disebabkan karena kurangnya vitamin B2 dan juga zat besi. Labu siam mengandung kedua unsur tersebut yang dapat merangsang dan memproduksi sel darah merah dan hemoglobin di dalam tubuh secara berkala, sehingga akan mengurangi potensi terkena penyakit anemia.

Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Stroke

Berdasarkan penelitian jumlah homocysteine yang berlebihan di dalam darah akan meningkatkan resiko terjangkit penyakit stroke hingga penyakit jantung. Ternyata labu siam mengandung zat folat yang berguna untuk menstabilkan kadar homocysteine di dalam darah, sehingga resiko terkena penyakit stroke akan berkurang dengan mengonsumsi labu siam

Efek Samping Labu Siam

Pepatah bilang segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik walaupun itu adalah kebaikan. Sama hal nya dengan kita mengonsumsi labu siam secara berlebihan tentunya juga akan menimbulkan efek samping pada kesehatan kita.

Ada satu hal yang perlu anda perhatikan ketika akan mengonsumsi labu siam. Ketika mau mengupas kulit labu siam hendaknya berhati-hati karena kulit dari labu siam mengandung getah bening dimana jika getah tersebut terkena kulit akan menimbulkan efek gatal bahkan bisa sampai menimbulkan efek mati rasa pada objek yang terkena getah tersebut. Hal tersebut terjadi karena didalam getah labu siam terdapat kandungan sejenis zat yang bersifat anestesi.

Namun tidak perlu khawatir karena efek yang ditimbulkan dari getah labu siam hanyalah sementara saja. Jika sudah telanjur terkena getah labu siam segeralah cuci dengan air sebersih mungkin objek yang terkena getah labu siam. Tunggu beberapa saat nanti efek yang ditimbulkan dari getah labu siam akan menghilang dengan sendirinya.

Satu lagi, ternyata labu siam juga akan memberikan reaksi jika terjadi interaksi dengan obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan kardiovaskular, seperti aspirin, dan lain sebagainya.

Nah, itu tadi sekilas tentang berbagai macam manfaat labu siam khususnya bagi kesehatan tubuh kita. Dengan mengonsumsi sayuran khususnya labu siam tubuh kita akan senantiasa sehat dan juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit karena sayuran sendiri mengandung zat-zat yang baik untuk tubuh dan juga mencegah virus penyakit masuk ke dalam tubuh kita.

Leave a Comment

%d bloggers like this: