√15 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Terbukti Mujarab dan Ampuh [100%]

Manfaat Air Kelapa – Pohon kelapa memang memiliki banyak sekali manfaat. Hampir seluruh bagian dari pohon kelapa bisa digunakan, mulai dari buah, batang, daun,akar, hingga pelepahnya. Dari  buahnya sendiri ada air kelapa yang bisa diminum untuk menghilangkan rasa haus kemudian juga ada daging buahnya yang juga bisa dimakan sehingga bisa untuk mengganjal perut.

Di Indonesia sendiri air kelapa merupakan minuman yang banyak diminati, selain karena rasanya yang enak dan segar ternyata dibalik itu air kelapa memiliki segudang manfaat yang bisa didapatkan darinya. Kebanyakan orang tahu manfaat air kelapa hanya untuk sekedar menghilang dehidrasi saja, namun dibalik masih ada manfaat-manfaat lainnya dari air kelapa ini.

Saking banyaknya manfaat yang ada pada kelapa, saat ini sudah banyak produk makanan yang menggunakan bahan dasar kelapa sebagai campuran makanannya sehingga mempermudah orang untuk meminum air kelapa dan mengonsumsi makanan lainnya yang berbahan dasar kelapa dalam keseharian mereka.

Kandungan Buah Kelapa

Terdapat banyak sekali kandungan yang ada pada buah kelapa, sehingga sangat bagus sekali jika sesekali mengonsumsi buah kelapa ini karena terdapat kandungan yang bagus untuk tubuh. Berikut adalah kandungan yang terdapat pada buah kelapa

  • Vitamin C
  • Asam nikotinat
  • Asam pantotenat
  • Biotin
  • Riboflavin
  • Asam Folat

Setelah mengetahui kandungan yang ada pada buah kelapa ini, mari kita bahas mengenai manfaat air kelapa untuk tubuh dan juga kesehatan kita.

Manfaat Air Kelapa

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari meminum air kelapa. Berdasarkan hasil penelitian juga sudah membuktikan bahwa air kelapa dapat menjaga keseimbangan kebutuhan nutrisi dalam tubuh dan juga untuk kesehatan. Berikut ini adalah manfaat air kelapa untuk kesehatan yang harus kamu ketahui

Menghilangkan Dehidrasi

Ketika meminum air kelapa pastilah badan terasa segar dan fresh kembali, selain menyegarkan air kelapa juga bisa untuk mengatasi dehidrasi yang disebabkan oleh disentri, kolera, diare, dan flu perut. Keseimbangan antara elektrolit dan plasma pada air kelapa dalam penelitian digambarkan hampir sama dengan darah. Dengan begitu meminum air kelapa ketika sesudah berolahraga akan mengisi cairan yang hilang pada tubuh.

Ketika sedang berolahraga atau melakukan kegiatan fisik lainnya, pastilah tubuh mengeluarkan banyak cairan. Untuk menggantikan cairan dan menjaga keseimbangan ion bisa dengan meminum air kelapa secara teratur.

Mencegah Penuaan Dini

Di dalam air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin, kedua zat tersebut sangat berperan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Zat tersebutlah yang berperan untuk mencegah terjadinya penuaan dini, anti karsionogenik dan anti trombolik yang membantu meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit.

Manfaat Air Kelapa untuk Batu Ginjal

Di dalam air kelapa terdapat kandungan yang dinamakan kalium, zat tersebutlah yang berguna untuk melarutkan batu ginjal. Kalium memainkan peran penting dalam proses alkali urin dan mencegah batu ginjal. Selain dengan mengonsumsi air kelapa anda juga bisa mengatasi batu ginjal dengan memakan labu siam, karena salah satu manfaat labu siam yaitu untuk mengobati batu ginjal

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saking hebatnya dari air ini bisa dikatakan sebagai air super, sebab ia kaya akan nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niasin, thiamin & piridoksin, dan folat. Air kelapa juga mengandung anti virus dan juga anti bakteri dimana kedua komponen tersebutlah yang berperan untuk menjaga dan mencegah masuknya bakteri dan kuman jahat masuk ke dalam tubuh

Baik untuk Ibu Hamil

air kelapa untuk ibu hamil

Air kelapa bagus dikonsumsi untuk ibu hamil karena dapat meredakan morning sickness dan juga untuk meredakan mual atau ketika muntah-muntah. Selain kaya akan elektrolit, kalsium, potasium, sodium, air kelapa juga kaya akan vitamin C yang dibutuhkan pada saat kehamilan untuk kesahatan sang ibu dan si bayi.

Baik untuk Kulit

Masalah yang sering dikeluhkan oleh banyak orang khususnya para wanita yaitu timbulnya jerawat pada kulit. Nah, ternyata hal itu bisa dicegah dengan air kelapa yakni dengan mengusapkan air kelapa ke sekujur kulit wajah dan biarkan selama semalaman. Air kelapa mempunyai sifat memperbaiki dan baik untuk kulit bahkan dapat digunakan juga pada kuku dan tangan.

Baik untuk Pencernaan

Air kelapa terdiri dari enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, katalae, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase dan lain sebagainya. Unsur tersebut yang berperan untuk membantu dalam proses pencernaa dan juga menjaga metabolisme tubuh. Air juga memiliki lebih mineral seperti kalsium, mangan dan seng seperti buah-buahan termasuk jeruk. Air kelapa juga merupakan sumber dari vitamin B seperti riboflavin, thiamine, pyridoxine, dan folat.

Menurunkan Berat Badan

Air kelapa sangat cocok digunakan ketika sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Karena minuman alami tidak mengandung zat-zat kimia apapun. Sudah sejak lama air kelapa digunakan di seluruh penjuru dunia untuk membantu menurunkan berat badan dan telah menunjukan hasil yang positif alias banyak yang berhasil menurunkan berat badan dengan bantuan air kelapa ini. Ketika meminum air kelapa perut akan terisi full dan juga akan merasa kenyang sehingga akan menunda rasa lapar anda.

Membantu Mengontrol Diabetes

Air kelapa juga dapat membantu dalam mengontrol diabetes. Jika dikonsumsi secara teratur akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Proses ini akan membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang mengecil karena adanya pembentukan plak dan membantu memperlancar aliran darah sehinggan akan mengurangi diabetes. Hal ini juga membantu untuk melawan aterosklerosis

Sebagai Antioksidan

Air kelapa juga kaya akan antioksidan yang tinggi sehingga berguna untuk membantu menghilangkan radikal bebas yang ada pada tubuh. Efek racun yang ada pada obat antibiotik dan obat sulfa juga dapat dihilangkan dengan air kelapa. Pada saat mengkonsumsi obat air kelapa juga bagus karena akan membantu mempermudah penyerapan.

Kesehatan Kardiovaskular

Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa orang yang memiliki tekanan darah rendah biasanya mempunyai kadar kalium yang rendah. Manfaat minum air kelapa secara rutin sangat berpengaruh dalam mengatur tekanan  darah sebab ia mempunyai kandungan kalium dan asam laurat. Air kelapa juga dipercaya dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung

Membantu Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Di dalam air kelapa terdapat kandungan seimpang dari elektrolit sehingga dapat digunakan sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh. Kandungan elektrolit yang tinggi akan menyebabkan darah tinggi makanya agar tidak terlalu tinggi di seimbangkan dengan mengonsumsi air kelapa.

Tips Mengonsumsi Air Kelapa

Walaupun sudah banyak penelitian yang dilakukan tentang manfaat air kelapa tentunya mengonsumsi air kelapa harus dilakukan sewajarnya karena sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu juga tidak baik. Berikut adalah tips konsumsi air kelapa agar mendapatkan manfaat yang maksimal

  • Konsumsi 1 sampai 2 gelas air kelapa dipagi/disiang hari untuk dewasa
  • Jangan berikan pada bayi/ balita, ikuti saran dokter jika ingin diberikan di bayi dengan dosis tepat.
  • Jangan konsumsi pada malam hari sebelum tidur karena cairan ini mudah diserap tubuh dikhawatirkan akan mengakibatkan timbunan glukosa.
  • Air kelapa juga memiliki kandungan kalori, jadi jangan meminum air kelapa setiap hari secara berlebihan.

Berapa Jumlah Konsumsi yang Tepat?

Bagi orang Indonesia, mengonsumsi air kelapa merupakan hal yang umum. Air kelapa dijual dengan rasa alami atau dicampur bahan-bahan lain. Lalu, berapa banyak sebaiknya mengonsumsi air kelapa?

Air kelapa sebagai minuman sehari-hari dapat dianggap sebagai jus buah. Sebaiknya konsumsi cukup sekitar satu gelas per hari. Meski tergolong sehat, satu hal yang perlu diingat adalah air kelapa tetap mengandung kalori.

Jika konsumsi air kelapa Anda tiap hari sekitar 250 ml per hari, maka Anda harus menghitung tambahan 45-60 kalori. Jika kemudian, kalori tambahan dari air kelapa itu tidak digunakan oleh tubuh, maka dapat meningkatkan berat badan sekitar 2 kg tiap tahun.

Perhatikan Kemungkinan Efek Samping

Air kelapa juga memiliki kemungkinan menurunkan tekanan darah, sekaligus meningkatkan efek obat tekanan darah tinggi. Yang juga perlu diwaspadai adalah air kelapa mungkin mengganggu tekanan darah selama dan pascaoperasi. Sebaiknya hindari konsumsi air kelapa dua minggu sebelum jadwal operasi.

Kini Anda bisa memperoleh manfaat air kelapa tidak hanya dari buah segar, tetapi juga dari air kelapa yang  disajikan dalam kemasan. Jangan lupa untuk membaca label pada kemasan sebelum membeli. Pastikan air kelapa dalam kemasan bebas pengawet dan pemanis buatan, agar tetap sehat dikonsumsi.

Sebaiknya hindari minum air kelapa berlebihan, pastikan jumlahnya sesuai kebutuhan tubuh. Bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi air kelapa.

Nah itu tadi pembahasan mengenai manfaat air kelapa. Dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur dapat menjaga kesehatan tubuh kita karena kandungan yang ada pada buah kelapa berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga mencegah masuknya penyakit masuk kedalam tubuh.

Leave a Comment

%d bloggers like this: