Jadwal Waktu Shalat Jakarta, Bandung, dan Seluruh Wilayah Indonesia

Jadwal Waktu Shalat – Shalat merupakan salah satu bagian dari rukun islam yang dimana setiap muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah shalat fardhu, yakni sholat 5 waktu dalam sehari semalam. Allah SWT telah berfirman dalam surah An-Nisa yang berbunyi

إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

“Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu/wajib yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”. [ QS. An Nisa’ (4) : 103]

Dalam ayat tersebut sudah dijelaskan bahwa shalat itu merupakan kewajiban yang harus dilakukan bagi setiap orang-orang yang beriman.

Seorang muslim baru diwajibkan untuk melaksanakan ibadah shalat ketika sudah mencapai akil baligh. Tapi, bukan berarti ketika belum mencapai akil baligh tidak diwajibkan untuk melaksanakan ibadah shalat.

Justru sejak kecil harus menanamkan kebiasan sholat agar nantinya ketika sudah mencapai akil baligh sudah menjadi kebiasaan dan tidak merasa keberatan. Banyak sekali keutamaan-keutamaan yang diperoleh jika melaksanakan shalat apalagi jika mendirikan shalat di awal waktu.

Salah satu upaya agar bisa mendirikan shalat di awal waktu yakni dengan mengetahui kapan waktu tiba jadwal waktu shalat. Nah, untuk membantu teman-teman semua supaya bisa melaksanakan shalat secara tepat waktu kami akan membagikan jadwal waktu shalat untuk seluruh wilayah Indonesia termasuk juga wilayah kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Solo, dll

Sebelum alangkah lebih baik jika mengetahui bagaimana cara penentuan jadwal waktu shalat terlebih dahulu.

Penentuan Jadwal Waktu Shalat

Untuk bisa menentukan kapan tiba waktu shalat kita bisa melihat dari pergerakan matahari. Jaman dahulu sebelum kaum muslimin menemukan teknik hisab/perhitungan falak/astronomi, waktu shalat ditentukan berdasarkan pengamatan gejala alam dengan melihat langsung pergerakan matahari.

Seiring perkembangan zaman yang dimana teknologi juga semakin maju waktu shalat bisa semakin mudah untuk diketahui. Seperti penemuan jam surya atau jam matahari serta jam istiwa atau sering disebut tongkat istiwa. Dengan adanya penemuan tersebut membuat penentuan jadwal waktu shalat menjadi lebih efektif dan praktis

Dilihat dari sudut pandang fiqih untuk penentuan waktu shalat lima waktu seperti yang sudah dinyatakan dalam kitab-kitab fiqih adalah sebagai berikut 

Waktu Subuh

Waktu untuk melaksanakan shalat shubuh adalah padaa saat Fajar Shidiq sampai terbitnya matahari (syuruq). Fajar Shidiq yakni terlihatnya cahaya putih yang melintang  mengikut garis lintang ufuk di sebelah Timur akibat pantulan cahaya matahari oleh atmosfer.

Waktu shalat shubuh berakhir pada saat telah munculnya matahari yang menandakan bahwa telah tiba waktu dhuha

Waktu Dzuhur

Waktu dzuhur bisa disebut juga dengan waktu Istiwa (zawaal). Istiwa artinya tengah hari. Pada saat waktu Istiwa kita dilarang untuk melaksanakan ibadah shalat baik shalat wajib ataupun sunah.

Nah, waktu dzuhur tiba pada saat matahari lebih condong ke barat. Secara teoritis jarak antara waktu istiwa dengan masuknya waktu shalat dzuhur kira-kira hanya 2 menit. Tapi untuk berjaga-jaga para peneliti sepakat untuk menambah menjadi 4 menit.

Waktu Ashar

Berdasarkan mazhab Syafi’i, Hambali, Maliki, Waktu masuknya shalat ashar adalah ketika panjang bayang-bayang benda melebih panjang benda itu sendiri.

Berbeda dengan mazhab Imam Hanafi yang berpendapat bahwa waktu shalat ashar tiba pada saat panjang bayang-bayang benda 2 kali melebihi panjang benda itu sendiri

Semua pendapat keempat mazhab tersebut tidak ada yang salah karena semuanya terdapat dalil-dalil yang menjadikan landasan dan pedoman dalam menentukan waktu shalat.

Waktu Maghrib

Tanda telah tiba waktu maghrib adalah ketika matahari sudah terbenam di ufuk sampai hilangnya cahaya merah di langit barat (syafaq)

Waktu Isya

Tanda telah tiba waktu shalat isya adalah ketika hilangnya cahaya merah dilangit barat. Ada perbedaan pendapat ulama mengenai waktu berakhirnya shalat isya.

Ada yang mengatakan batas waktu melaksanakan shalat isya adalah tengah malam ada juga yang mengatakan sampai terbitnya waktu fajar shidiq di langit timur.

Perbedaan pendapat tersebut bukanlah menjadi sebuah masalah dan jangan diperdebatkan. Alangkah baik jika kita melaksanakan shalat di awal waktu. Toh, melaksanakan shalat di awal waktu ganjaran yang didapatkan lebih besar daripada shalat di akhir waktu. 

Waktu Imsak

Waktu imsak tiba 10 menit sebelum waktu subuh tiba dan berakhir pada saat waktu shubu telah tiba. Ijtihad 10 menit diambil dari jeda waktu shalat pada masa Rasulullah yakni selama bacaan quraan sebanyak 50 ayat.

Pada saat waktu imsak tiba itu menandakan bahwa sebentar lagi akan masuk waktu shubuh dan juga memberitahu waktu sahur akan habis. Artinya pada saat imsak tersebut waktu sahur belum habis tetapi dihimbau untuk mengurangi aktivitas makan dan minum karena khawatir kebablasan

Kalau diibaratkan itu seperti lampu lalu lintas ketika warna lampunya kuning kita dihimbau untuk berhati-hati dan dianjurkan untuk memelankan kecepatan kendaraan karena sebentar lagi akan lampu merah.

Waktu Shalat Sunah

Tidak semua shalat sunah ada waktu khusus untuk melaksanakannya, tetapi ada beberapa shalat sunah yang sudah ditentukan dalam pelaksanaannya. Waktu-waktunya berdasarkan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

  • Shalat Dhuha – dilakukan ketika waktu matahari baru naik (mengikut pandangan beberapa ulama, pada ketinggian segalah atau tujuh hasta) atau sekitar 3,5° ketinggian Matahari.
  • Shalat Ied – dilakukan pada waktu pagi hari raya yang pertama bagi kedu jenis hari raya tersebut, umumnya dilakukan pada waktu Dhuha  yaitu waktu matahari baru naik (mengikut pandangan sebagianulama, pada ketinggian segalah)
  • Shalat Tarawih – dilakukan pada waktu Isya’ (umumnya dilakukan selepas Shalat Isya’ sebelum kemunculan waktu imsak)
  • Shalat Sunat Gerhana – dilakukan pada waktu gerhana (matahari atau bulan) sedang terjadi.
  • Shalat Sunat Rawatib – dilakukan sebelum dan selepas solat fardhu. Tidak semua solat mempunyai kedua-dua solat sunat.

Waktu Haram Shalat

Berikut adalah waktu yang diharamkan solat (sebagian ulama mengatakan berlaku bagi selain tanah haram):

  • Waktu selepas shalat Subuh hingga terbit matahari.
  • Waktu mulai terbit matahari (syuruk) hingga matahari berada di kedudukan pada kadar segalah (tujuh hasta).
  • Waktu rambang (zawal, istiwa, rembah) atau waktu tengahari (matahari tegak) hingga gelincir matahari kecuali hari Jumaat.
  • Waktu selepas shalat Asar hingga matahari kekuningan.
  • Waktu matahari kekuningan hingga matahari terbenam.

Jadwal Waktu Shalat Untuk Seluruh Wilayah Indonesia

Berikut ini kami cantumkan jadwal waktu shalat untuk seluruh wilayah di Indonesia termasuk juga kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Solo, dll.

Jadwal Waktu Shalat Hari Ini

Selain terdapat jadwal waktu shalat untuk setahun selama tahun 2018, kami juga akan memberikan jadwal waktu sholat untuk hari ini dan akan selalu update setiap harinya. Berikut ini adalah jadwal waktu shalat hari ini untuk seluruh wilayah Indonesia termasuk juga kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Solo, dll.


Nah, itu tadi uraian mengenai jadwal waktu shalat untuk seluruh wilayah di Indonesia. Semoga dengan adanya jadwal tersebut dapat menjadikan kita semua untuk bisa Shalat tepat pada waktunya, karena mendirikan shalat di awal waktu ganjaran yang diberikan lebih besar daripada shalat di akhir waktu.

Leave a Comment

%d bloggers like this: