√22 Cara Ampuh Mengusir Tikus Rumah Tanpa Racun Praktis, Alami

Cara Mengusir Tikus – Tikus merupakan salah satu hama yang seringkali membuat resah masyarakat, adanya tikus dirumah memanglah sangat mengganggu, kenapa? Karena banyak masyarakat yang mengeluh makanannya sering hilang dan banyak barang yang rusak karena digerogoti tikus. 

Selain itu tikus juga menyebabkan timbulnya bau yang tidak sedap hal tersebut dikarenakan air kencing atau kotoran tikus.

Untuk memastikan apakah di rumah Anda terdapat tikus atau tidak sebaiknya Anda mengenali ciri – ciri keberadaan tikus seperti suara garukan yang biasanya di dinding atau di bawah lantai, adanya kotoran tikus yang berwarna gelap dan meruncing, terdapat bau yang menyengat seperti ammonia terutama pada daerah yang tertutup seperti almari, ditemukannya kerusakan pada perabotan yang terbuat dari bahan kayu dan plastic, adanya lubang di tanah atau halaman untuk persembunyian tikus terutama pada tumpukan kompos.

Umumnya tikus bersarang di tempat-tempat yang kotor seperti got, pipa, comberan, sawah, plafon. Nah, jika kemudian tikus tersebut masuk kedalam rumah pasti akan menimbulkan berbagai masalah dan juga menjadi sumber datangnya penyakit. 

Di dalam air kencing tikus mengandung bakteri yang sangat berbahaya yang dapat membunuh manusia dengan cepat, jika tidak segera mendapat pertolongan.

Nah, untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut kami sudah merangkum cara mengusir tikus dari rumah.

FYI, hewan mamalia yang satu ini termasuk hewan yang cerdik dan terbilang sangat sulit untuk ditangkap. Tapi jangan khawatir karena kami akan sharing kepada kalian bagaimana cara mengusir tikus dari rumah. Cara ini sudah terbukti keampuhannya, jadi langsung saja praktekan di rumah mu 

Cara Mengusir Tikus Secara Alami

Tikus yang bersang dirumah harus diusir dengan bahan alami, kenapa? Agar tetap aman pada kesehatan penghuni rumah. Kalau pakai racun atau sejenis yang berbahaya lainnya, bukan hanya tikus yang hilang, nyawa kita juga terancam. Pastinya tidak mau kan? 

Selain lebih aman biaya yang harus kalian keluarkan tidak terlalu besar juga jika menggunakan bahan alami untuk mengusir tikus yang ada di rumah

Mengusir Tikus dengan Kantong Teh

cara mengusir tikus menggunakan kantong teh

Nah, untuk mengusir tikus dari dalam rumah Anda dan jangan biarkan hama kecil ini kembali lagi adalah dengan menggunakan kantung teh. Jika Anda adalah peminum teh, pastikan jangan membuat kantung teh karena bisa digunakan untuk mengusir tikus.

Yang harus Anda lakukan adalah mencari terlebih dahulu di mana para tikus itu tinggal. Tapi jika tidak tahu, Anda bisa mengira-ngira tempat tikus bersarang, misalnya saja di dalam lemari, gudang dan sebagainya.

Setelah itu, tempatkan beberapa bekas kantung teh di dekat sarang tikus dan lihat hasilnya. Lalu bagaimana cara kerja kantung teh untuk mengusir tikus?

Peppermint dalam kantung teh akan bertugas mengusir tikus karena dapat menyebabkan iritasi pada hidung tikus. Dengan begitu indra pencium tikus tidak akan berfungsi lagi dengan baik dan hama kecil ini akan segera meninggalkan rumah Anda.

Kulit Durian

cara mengusir tikus menggunakan kulit durian

Bau yang sangat menyengat tidak di sukai oleh tikus, sehingga gunakan kulit durian untuk mengusir tikus yang ada di dalam rumah Anda. Taruh kulit durian ini di dalam ruangan yang sering dilalui tikus atau lubang – lubang tempat persembunyian tikus. Dengan bau menyengat yang dihasilkan oleh kulit durian maka bisa dipastikan tikus akan kabur dari dalam ruangan.

Peppermint

cara mengusir tikus menggunakan daun mint

Buat larutan peppermint dengan cara mencampurkan daun papppermint beberapa ikat dengan air, larutkan kemudian ambil sari – sarinya. Setelah itu semprotkan larutan peppermint atau mentol ke tempat – tempat atau jalur yang biasa dilalui tikus.

Cuka Apel

cara mengusir tikus menggunakan cuka apel

Cuka apel dapat digunakan untuk mengusir tikus di dalam ruangan secara efektif dan mudah untuk dipraktekan. Caranya yaitu buatlah campuran cuka apel dengan air secukupnya lalu semprotkan di area yang menjadi tempat persembunyian tikus serta daerah yang sering dilalui tikus. Lakukan penyemprotan secara rutin setiap hari agar tikus kabur.

Buah Mengkudu atau Pace

cara mengusir tikus menggunakan buah mengkudu

Buah mengkudu memiliki bau yang menyengat serta tidak sedap sehingga sering digunakan untuk pengusir tikus karena bau yang ditimbulkan. Cara menggunakannya cukup dengan mengiris – iris buah mengkudu menjadi 5 – 6 bagian. Letakkan potongan buah mengkudu pada tempat persembunyian tikus.

Pelihara Jangkrik di Rumah

cara mengusir tikus menggunakan jangkrik

Tikus merupakan salah satu hewan yang tidak menyukai bunyi atau keramaian. Untuk mengakali hal tersebut, Anda bisa dengan memelihara jangkrik di rumah karena bunyi jangkrik di malam hari bisa untuk menakut – nakuti tikus.

Ular

cara mengusir tikus menggunakan ular

Ular juga adalah musuh alami dari tikus. Di tempat dimana ada ular, di situ tikus tidak akan dapat hidup. Tetapi tentu cara ini bukan anjuran untuk semua orang melihat resiko yang ditimbulkan jika ular bebas berkeliaran dirumah kita. Hal ini sekedar informasi saja.

Cara ini sebaiknya digunakan ketika akan mengusir tikus yang ada di kebun-kebun atau di sawah.

Mewarnai/Mengecat Badan Tikus

Jika kamu berhasil menangkap tikus hidup-hidup mungkin bisa menerapkan cara ini, yakni dengan mengecat atau mewarnai tikus tersebut dengan warna yang yang mencolok kemudian lepaskan kembali. Dengan begitu tikus tersebut tidak akan datang lagi demikian pula tikus-tikus lain juga tidak akan datang lagi ke tempat tersebut karena takut.

Cengkeh

cara mengusir tikus menggunakan cengkeh

Cengkeh yang seringkali digunakan untuk bumbu dapur ternyata bisa juga dipakai untuk mengusir tikus dari rumah. Di dalam cengkeh terdapat kandungan minyak esensial yang berguna sebagai anestetik dan antimikrobial untuk membunuh bakteri berukuran kecil.

Orang-orang zaman dahulu kala seringkali menggunakan cengkeh untuk menghilangkan bau napas yang tidak sedap dan juga untuk meredakan sakit gigi.

Selain dipakai untuk obat tradisional sakit gigi, kandungan esensial pada minyak cengkeh juga dapat membuat tikus terganggu sehingga secara tidak langsung kamu telah mengusir tikus dari rumahmu 

Daun Salam

cara mengusir tikus menggunakan daun salam

Daun salam yang seringkali digunakan sebagai bumbu dapur atau penyedap rasa ternyata bisa juga dipakai untuk mengusir tikus. Daun salam mengandung minyak asiri, sitral, egeunol, tanin, flavonoid, dan metil kavikol

Tikus tidak suka dengan bau yang dikeluarkan dari daun salam. Cara penggunaanya terbilang mudah, kamu cukup meletakkan daun salam pada tempat-tempat yang sekiranya sering dilalui oleh tikus

Merica

cara mengusir tikus menggunakan merica

Bau pedas yang ada pada merica akan menyulitkan tikus untuk bernapas dan mengancam kelangsungan hidup mereka. Cukup taburkan beberapa bubuk merica di tempat-tempat rumah anda dan lubang yang sekiranya sering dilalui oleh tikus-tikus. Lakukan cara ini secara seminggu, anda akan melihat hasil yang positif. Ulangi proses jika tikus datang kembali.

Bawang Merah

cara mengusir tikus menggunakan bawang merah

Bawang merah merupakan obat pembasmi tikus yang sangat efektif untuk menyingkirkan tikus secara alami. Aroma bawang merah yang tidak sedap akan membuat tikus takut. Caranya: cukup iris bawang merah tipis-tipis dan letakkan di tempat-tempat rumah anda dan lubang yang sekiranya sering dilalui oleh tikus-tikus.

Saus Cabai, Air, dan Detergen

Cara mengusir tikus berikutnya adalah dengan menggunakan campuran dari saus cabai paling pedas, detergen, dan dilarutkan dengan air. Taruhlah campuran tersebut kedalam botol spray, ketika tikus-tikus mulai muncul anda bisa menyemprotkan cairan tersebut. Tikus akan merasa Abas. Menggunakan cara ini anda harus berhati-hati, karena jika mengenai mata akan sangat berbahaya.

Kapur Barus

cara mengusir tikus menggunakan kapur barus

Selain tidak menyukai bau dari daun mint, buah mengkudu, dan buah durian. Tikus juga tidak menyukai bau harum dari kapur barus yang sangat wangi. Maka dari itu, anda bisa menggunakan kapur barus sebagai cara mengusir tikus yang alami. Caranya mudah, taruh kapur barus dan letakkan di tempat-tempat rumah anda dan lubang yang sekiranya sering dilalui oleh tikus-tikus. Dengan begitu tikus tersebut akan merasa jengkel, dan akhirnya menghilang pergi.

kotoran Sapi

Cara ini bisa anda lakukan jika anda punya binatang peliharaan yang terancam oleh keberadaan tikus, seperti ayam, bebek, burung, dsb. Atau jika anda memiliki sawah atau ladang yang terancam oleh hama tikus. Kotoran sapi merupakan salah satu cara efektif mengusir tikus karena tikus tidak menyukai aroma dari kotoran sapi tersebut.

Caranya cukup mudah, ambil beberapa kotoran sapi dan taruh di kandang binatang peliharaan anda. Jika anda tidak jijik, anda juga bisa menerapkan cara ini lalu anda taruh di dalam rumah di tempat yang sering dilalui oleh tikus-tikus. Anda berani?

Bedak Bayi

Anda juga bisa menggunakan bedak bayi sebagai racun alami untuk mengusir tikus. Meskipun cara ini tidak begitu ampuh namun, tidak ada salahnya mencobanya sekali-kali. Caranya cukup mudah, cukup taburkan bubuk bayi di sudut rumah dan area yang sering dilewati tikus. Bedak bayi akan meracuni tikus dan membantu anda mengusir tikus ke luar rumah.

Memelihara Kucing

Dengan memelihara kucing maka kemungkinan besar tempat tinggal anda akan terbebas dari serangan tikus liar. Hanya mendengar suara kucing saja, tikus-tikus akan lari ketakutan. Peliharalah kucing, entah itu kucing jantan ataupun kucing betina, sebab tikus akan ketakutan untuk memasuki rumah jika di dalam rumah tersebut terdapat kucing di mana bisa saja kucing tersebut memangsanya.

Soda Pop (Bom Soda)

Sebuah studi menuturkan bahwa tikus tak bisa bersendawa atau mengeluarkan sejumlah gas yang berada di dalam tubuhnya. Maka dari itulah bubuk atau cairan baking soda bisa dijadikan bahan untuk mengusir tikus.

Cara membasmi tikus dengan soda pop ini sangat mudah, yaitu hanya dengan menaruh ataupun mencampurkan baking soda ke makanan yang digemari tikus. Bayangkan, apabila makanan yang telah diberi baking soda dimakan oleh tikus, serta tak bisa mengeluarkan sejumlah gas yang berasal dari reaksi cairan soda dengan asam. Perutnya akan kembung.

Cara Mengusir Tikus dengan Cangkang Telur

Ternyata selama ini cangkang telur yang selalu kita buang memiliki khasiat tersembunyi, yakni bisa mengusir tikus. Caranya adalah dengan cara digiling kulit atau cangkang telur tersebut sampai halus . hingga menjadi serbuk atau bubuk halus, lalu kemudian taburkan di daerah yang sekiranya sering dilalui tikus.

Memelihara Burung Hantu

cara mengusir tikus menggunakan burung hantu

Burung hantu juga sangat senang berburu tikus. Oleh karena itu sekarang marak di kelompok tani, mengusir dan membasmi tikus dengan memelihara burung hantu atau dengan kata lain meningkatkan populasi burung hantu. Cara ini sangat efektif dilakukan disawah dan lahan terbuka

Cara Mengusir Tikus dengan Ammonia

Ammonia merupakan salah satu zat yang terkandunga dalam urin manusia. Maka semportkan ammonia ke daerah2 yang sering tikus berlalu lalang. Selain tikus tidak suka dengan bau amonia, ammonia ini juga berfungsi untuk menghilangkan jejak2 daerah kekuasaan tikus. Karena berdasarkan pengalaman dan teori bahwa tikus seringkali menandai daerah kekuasaaanya dengan kencing tikus.

Menggunakan Audio Suara Ultrasonik

Pada jaman dahulu ultrasonic ini bisa ditemukan atau bisa anda dapatkan di hp android iphone laptop dll dengan cara mengunduh aplikasinya di playstore google atau IOS market. Namun sekarang telah hadir produk yang lebih revolusioner untuk membasmi tikus atau lebih tepatnya cara untuk mengusir tikus.

Alat ini sangat efektif. Dengan bunyi ultrasonic yang keras akan membuat tikus bingung dan merasa terganggu dan akhirnya tikus memilih meninggalkan tempat atau menjauhi bunyi ultrasonic terebut. Tapi jangan khawatir, bunyi ini hanya bisa didengar oleh tikus.. manusia dan hewan lain tidak adan mendengar.. kecuali hewan yang pengerat seperti hamster.

Tips Rumah Agar Terbebas dari Tikus

Setelah tadi berbicara tentang bagaimana cara mengusir tikus dari rumah kini mimin juga akan memberikan tips agar rumah terbebas dari hama tikus.

  • Selalu jaga kebersihan rumah, termasuk bagian atas (plafon, atap).
  • Tutup semua lubang yang ada di rumah, yang berpotensi masuknya tikus.
  • Tempatkan sampah di luar rumah, dan buang secara teratur serta hindari genangan air.
  • Jika tidak bermasalah, anda bisa memelihara kucing atau jangkrik.
  • Bersihkan sisa-sisa makanan bekas masakan dan makanan, khususnya makanan berlemak, daging, ikan, dsb
  • Selalu bersihkan lantai anda secara teratur. Tikus benci dengan lantai yang bersih.
  • Bersihkan air pada pot tanaman anda. Tikus jenis curut gemar sekali bersembunyi di tanaman.
  • Hindari tanamanan bersemak dan tinggi pada halaman rumah.
  • Tutupi dan selalu jaga makanan anda ketika tidak sedang dimakan.
  • Selalu bersihkan got depan rumah anda. Tikus Got merupakan jenis tikus yang bandel dan cukup sulit dibasmi.

Bonus video cara mudah membuat jebakan tikus menggunakan barang-barang bekas dan terbukti ampuh


Oke, itu tadi sedikit sharing dari mimin tentang bagaimana cara mengusir tikus dari rumah kalian. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk tetap selalu pantengin website kami jika ingin mengetahui informasi lainnya yang tidak kalah bermanfaat juga

Leave a Comment

%d bloggers like this: