Camping Pantai Sadranan

Datangnya masa  liburan merupakan hal yang pastinya ditunggu- tunggu bagi setiap siswa di sekolah manapun. Liburan sekolah, liburan lebaran, liburan semester, tengah semester bahkan liburan tanggal sekalipun pastilah akan selalu ditunggu.

Dengan adanya liburan kita bisa bersenang- senang, berkumpul bersama di rumah bersama keluarga Ayah, Ibu, Kakak, Adik juga Nenek dan Kakek. Atau dengan menghabiskan waktu liburan bersama teman- teman untuk mengunjungi berbagai tempat wisata seperti pantai, taman bermain kota,  gunung, pergi ke rumah Nenek di kampung juga mengunjungi berbagai Kota yang sama sekali belum pernah Kita singgahi.

Berlibur kepantai selalu menjadi Impian semua orang. Di pantai kita dapat dengan bebas berenang, bermain di hamparan pasir yang lembut serta melihat dan mencoba menangkap berbagai biota laut yang ada di pesisir pantai.

Jika kita merasa kurang puas bermain di pantai, kita bisa sekalian camping di sana.

Camping di pantai mereupakan sesuatu hal yang menyenangkan, terutam camping di pantai-pantai yang belum terjamah. Camping bersama teman-teman di pantai Gunung Kidul merupakan pilihan yang tepat. Kita ketahui bahwa Gunung Kidul merupakan salah satu destinasi di Yogyakarta yang menyajikan puluhan pantai berpasir putih dan masih ada banyak pantai yang jarang dijamah oleh manusia.

pada kesempatan kali ini saya akan sedikit bebagi kisah perjalanan saya camping di Pantai Sadranan bersama teman asrama dalam rangka merayakan kelulusan sekolah.

Pantai Sadranan adalah salah satu pantai yang berada di Gunung Kidul.

Pantai Sadranan ini secara administratif berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Jogja. berada satu kompleks dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Hanyas aja akses menuju kesana tidak semulus dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Jalan masih cenderung rusak karena masih banyak orang yang belum tahu akan keberadaan nya.

Rute menuju Pantai Sadranan juga sangat mudah. Dari kota Jogja langsung saja menuju ke Gunung Kidul melewati jalan wonsoari. setelah sampai di kota wonosari, setelah Pasar Wonosari ambil kanan ke arah Pantai Baron. Setelah ampai di pantai baron masih ketimur lagi nanti di kanan jalan sudah ada papan nama menuju Pantai Sadranan.

Persiapan

Satu hari sebelum keberangkatan kami mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Kami semua bagi-bagi tugas. Ada yang menyiapkan urusan tenda, kemudian mencari bahan makanan yang diperlukan selama camping, berapa iuran yang harus dibayar.

Mungkin saya juga sekalian ingin memberikan beberapa tips tentang barang apa saja yang perlu dibawa ketika camping di pantai, agar nanti jika ingi pergi camping barang bawaan yang dibawa tidak overload, oke langsung saja

Tenda

Namanya juga camping, tenda adalah hal utama yang harus di bawa. Jangan lupa juga untuk cek kelengkapan tenda sebelum dibawa ya. Pastikan juga kalau partner kemah kamu mengerti cara bongkar pasang tenda, apalagi kalau kamunya sendiri nggak bisa. Kalau sama-sama nggak bisa kan jadi bisa belajar dulu.

Sleeping Bag

Ini optional. Untuk yang nggak suka dingin lebih baik bawa aja, karena angin malam di pantai itu dingin banget, apalagi kalau akhirnya tidur di luar tenda.

Matras

Ketika melakukan camping matras sangat diperlukan untuk alas ketika bersantai di pantai.

Senter

Senter ini sangat penting, apalagi ketika beraktivitas pada waktu malam hari. Jika camping di pantai yang masih sedikit fasilitas nya dan penerangan minim senter ini sangat membantu. Jangan lupa sebelum berangkat cek kelengkapan senter apakah senter berfungsi dengan baik atau tidak.

Untuk senter sebenar nya bisa digantikan dengan smartphone karena saat ini hampir semua hp ada fitur senter nya, toh kalaupun tidak ada bisa download di playstore

Logistik

Logistik di sini berupa obat dan makanan. Bawalah obat-obatan umum seperti obat merah, alkohol, kapas, dan kain kasa. Ini berguna jika sewaktu-waktu kamu ataupun partnermu nggak sengaja terluka saat bermain-main di pantai. Juga, kalau kamu adalah tipe orang yang laperan seperti saya bawalah perbekalan yang mengenyangkan.

Saya menyarankan kalian untuk bawa roti dan juga bekal nasi. Perkirakan juga kalian berapa lama di pantainya, biar logistiknya cukup. Air mineral kemasan 1,5 L juga wajib punya masing-masing ya! Jangan sebotol berdua, karena nanti nggak cukup. Beruntung kalau di pantai ada yang jualan minuman, kalau nggak kan repot.

Sunblock dan Kacamata

Ini juga adalah barang yang wajib banget dibawa, panasnya pantai bisa bikin kulit terbakar matahari. Kalau kulit sudah terbakar sinar matahari langsung juga efeknya bakalan nggak enakin. Kulit akan gosong dan mengelupas, jadi ada baiknya diminimalisir dengan sunblock.

Dengan ada nya kacamata hitam kita juga akan melindungi mata dari cahaya matahari yang menyilaukan mata. Itung-itung bisa sekalian buat gaya-gayaan lah haha.

Trash Bag/Plastik

Ketika kita melakukan camping pasti membawa banyak barang bawaan dan snack, hal itu pasti menimbulkan banyak sampah. Maka dari itu kita sebaik nya membawa trash baguntuk wadah sampah kita nanti.

Waktu Keberangkatan

Tepat jam 6 pagi, kami berangkat menuju lokasi menggunakan mobil. Sebelum menuju lokasi kami menyempatkan untuk sarapan di salah satu warung makan, karena jika membeli sarapan di lokasi yang ada bakal menguras dompet sebab warung di sekitar pantai terbilang cukup mahal.

Kira-kira jam 9 pagi kami sampai di Pantai Sadranan, lelah dan penat terbayarkan sudah dengan keindahan alam sekitar, suara desiran ombak membuat hati menjadi adem. Setelah istirahat sejenak kami langsung menata barang bawaan, kemudian dilanjutkan mendirikan tenda.

Sore hari nya kami menikmati suasana dengan bermain air di pantai. Belum afdhol rasa nya kalau bermain di pantai kalau belum ada yang dikubur di dalam pasir. Tak lupa semua momen yang ada diabadikan dengan berfoto bersama. Kami semua bercanda ria sambil menunggu sunset matahari yang akan terbenam. Waktu terasa begitu cepat, cahaya matahari sudah tenggelam. Waktu nya untuk bersih-bersih dan kembali menuju tenda.

Cahaya bulan menerangi malam yang sunyi,  hanya kobaran api unggun yang menemani kami semua. Waktunya BBQ time, sambil membakar sosis di tengah api yang menyala kami semua saling berbagi cerita. Momen ini lah yang jarang kami dapatkan ketika bersama teman. Hal ini dikarenakan saat ini jaman sudah memasuki era millenium. Semua orang ketika berkumpul bersama pasti akan sibuk sendiri dengan smartphone nya. Maka dari itu momen seperti ini harus benar-benar dimanfaatkan.

Jam 12 malam acara BBQ an baru selesai, setelah merapikan semua nya kami beranjak untuk tidur. Keesokan pagi nya kami berencana untuk melakukan snorkling. Sebelum melakukan snorkling kami membuat sarapan terlebih dahulu agar tenaga yang hilang kemarin kembali terisi.

Dengan lahap nya kami menyantap sarapan yang telah disiapkan. Segera setelah sarapan kami menyewa alat snorkling karena sudah tidak sabaran ingin menikmati indah nya alam bawah laut. Ini mereupakan kali pertama ku snorkling. Ternyata memang begitu indah pemandangan bawah laut nya. Ikan-ikan pada berebutan ketika saya memberikan roti.

Tak terasa panas matahari semakin menyengat, segera kami membersihkan diri dan bergegas kembali ke tenda untuk beristirahat sejenak. Setelah dirasa cukup kami membereskan tenda kami, membersihkan sampah yang ada dan bersiap-siap untuk kembali pulang.