√ Cara Mudah Merawat Bonsai Serut agar Bonsai Bisa Bertahan Lama

Bonsai Serut – Banyak sekali jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai tanaman bonsai. Tapi jenis tanaman yang paling sering untuk dijadikan bonsai adalah tanaman serut. 

Streblus Asper merupakan nama latin dari tanaman serut, bonsai dari jenis pohon yang memiliki ciri batang berwarna pucat. Daun bonsai berukuran kecil berwarna hijau tua yang berjejer rapat tampak seperti lingkaran bola.

Ukuran daun bonsai serut hanya sekitar 5 sampai 10 cm, mempunyai bentuk panjang dan mempunyai gigi daun. Bonsai ini juga terdapat bunga dengan ukuran kecil. Tanaman ini sangat cocok jika dijadikan sebagai hiasan di halaman rumah.

Bonsai serut mempunyai banyak istilah dan julukan, contohnya pohon kertas pasir, semak kasar siam, dan pohon sikat gigi. Daerah yang menjadi tempat berkembangnya tanaman ini seperti di Kamboja, Thailand, Sri Langka dan India. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, tanaman ini banyak ditemukan di pulau jawa dan sumatra.

Bonsai serut termasuk salah satu jenis bonsai yang paling diminati banyak orang karena bentuknya yang unik dan menarik. Saat melihat bonsai serut, kamu seakan sedang melihat dunia yang lebih kecil. Bentuk serut terlihat apik ketika dibuat versi mini. 

Jika kamu meletakkan mainan action figure, bonsai ini semakin terlihat seperti dunia dalam ukuran kecil.

Menurut para penggemarnya, bonsai ini adalah bonsai yang paling ideal untuk ditanam. Bonsai ini mudah untuk ditanam dan perawatannya juga tidak terlalu merepotkan. Untuk lebih mengetahui lebih dalam seputar bonsai serut, berikut kami sajikan beberapa fakta menarik bonsai serut yang belum diketahui banyak orang.

Ciri-ciri Bonsai Serut

cara-Membuat-Bonsai-Serut-1

Bonsai ini mempunyai ciri utama yakni daunnya berwarna hijau dan batangnya berwarna putih. Daun serut aslinya memang kecil, tapi ketika serut dijadikan tanaman bonsai daunnya akan berbentuk lebih kecil lagi.

Tanaman serut juga memiliki buah yang berwarna hijau dan terdapat bunga yang berwarna putih. Namun, karena bentuknya yang kecil membuat buah dan bunganya tidak terlalu kelihatan.

Batang serut mudah untuk tumbuh di daerah yang kecil, tunasnya mudah sekali muncul sehingga kita dapat membentuk batang sesuai dengan selera kita masing-masing.

Merontokan Daun Ketika Kemarau

cara merawat bonsai serut

Fakta unik yang selanjutnya adalah tanaman serut akan merontokan daun ketika musim kemarau tiba. Dengan merontokan daunnya adalah cara serut untuk menghemat air yang terkandung di dalamnya.

Jadi jangan kaget ya ketika kamu merawat bonsai serut kamu akan dilihatkan dengan rontoknya daun-daun serut ketika musim kemarau. Bonsainya tidak mati, hal itu dilakukan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi alam.

Jangan keburu khawatir dulu, setelah merontokan daunnya bonsai ini akan kembali memunculkan daunnya seminggu setelahnya.

Bonsai Berusia Ratusan Tahun

Banyak juga pohon-pohon yang bisa bertahan sampai beratus-ratus tahun seperti pohon beringin. Tapi ternyata, serut juga bisa bertahan hidup sampai usia ratusan tahun. Hal inilah yang menyebabkan bonsai ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Kamu bisa menjadikan bonsai ini sebagai warisan yang dapat diturunkan ke anak cucu mu.

Bonsai Serut Berasal dari Alam

Memang sih semua tumbuhan itu asal nya dari alam. Manusia dapat melestarikan tumbuhan dengan membantu perkembangbiakannya. Sebagian besar tanaman serut ternyata masih diambil dari alam aslinya. Padahal dengan teknologi secanggih jaman sekarang, manusia dapat mengembangbiakannya secara massal.

Untuk pemindahan serut dari alam ke pot, kamu harus memperhatikan beberapa hal penting. Salah satunya adalah ketika akan memtong akarnya. potonglah bagian akar, kemudian tanam lagi kedalam tanah.

Tunggu selama kurang lebih 2 bulan lamanya, kemudia lakukan pemotongan akar untuk yang kedua kalinya. Baru setelah itu tanaman serut dapat dipindahkan ke dalam pot

Cara Membuat Bonsai Serut

Langkah awal yang harus kamu lakukan ketika akan membuat bonsai serut adalah memilih bibit bakalan bonsai yang bagus dan tentunya berkualitas.

Untuk menanam tanaman ini media tanam yang paling bagus adalah campuran antara tanah gunung, pupuk kandang dan humus. Perbandingan takaran ketiganya adalah 1:1:1.

Ada banyak metode penanaman yang dapat kamu lakukan seperti dengan cara pembibitan pada umumnya, cangkok, ataupun stek pada bonsai yang cukup berumur. tinggal kamu pilih sesuai dengan kemampuanmu yang menurutmu paling mudah untuk dilakukan

Pada masa pembentukannya, letakan bonsai ini ke dalam pot yang agak besar. Baru setelah mencapai ukuran yang diinginkan, kamu bisa memindahkan bonsai tersebut ke dalam pot yang sesuai dengan seleramu.

Cara Merawat Bonsai Serut 

Setiap makhluk hidup tentunya membutuhkan cahaya matahri, entah itu lama ataupun sebentar. Tanaman bonsai pohon serut merupakan tanaman yang cukup membutuhkan cahaya matahari dalam waktu yang cukup lama.

Untuk merawat bonsai pohon serut, upaya pertama ialah dengan menyiram tanaman ini tiap hari minimal satu kali. Selain itu, cara perawatan selanjutnya yang cukup penting yaitu memberi pupuk dan memangkas.

Tujuan dari memberi pupuk dan pemangkasan adalah untuk merangsang pertumbuhan daun agar dapat tumbuh dengan lebih rimbun dan cepat.

Kemudian untuk mencegah tanaman pohon serut ada tidak terkena penyakit dapat dilakukan dengan menyemprotkan pestisida.

Kutu Putih si Musuh Bebuyutan

Perlu kamu ketahui, bonsai serut juga mudah terkena serangan hama, terutama si kutu putih. Kutu putih embun madu yang rasanya manis. Embun madu ini dapat mengakibatkan cendawan jelaga tumbuh dengan baik. Cendawan jelaga seringkali menutupi daun sehingga daun yang awalnya berwarna hijau berubah menjadi kehitaman. Untuk mengatasinya kamu bisa sesekali menyemprotkan cairan pestisida dan fungsida secara berkala

Jual Bonsai Serut Murah

Nah itu tadi beberapa fakta tentang bonsai serut. Semoga dapat menambah wawasanmu seputar tanaman bonsai. Bagi kalian yang berminat atau berkeinginan untuk mengoleksi atau hanya sekedar menjadikan sebagai hiasan pekarangan rumah, kami menyediakan beraneka ragam macam tanaman bonsai dengan harga yang pas dan tentunya berkualitas

Kami jual bonsai dengan harga yang terjangkau mulai dari 100.000 sampai 35.000.000. Harga itu tergantung dari jenis bonsai dan bentuk bonsai yang diinginkan. Kami juga melayani pengiriman tanaman bonsai ke seluruh wilayah Indonesia.

Dengan begitu anda tidak perlu repot-repot untuk datang ke tempat budidaya kami, anda cukup memilih bonsai melalui website yang sudah disediakan. Kami akan memberikan pohon bonsai yang terbaik bagi para customer kami. Langsung saja hubungi nomer yang tertera di bawah ini

Contact Person : 085697760830 (WA only) | 081327372667 (SMS/Telp)

 

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: