Cara Cepat Belajar Mengaji Al quran Untuk Pemula [Mudah dan Praktis]

Belajar Mengaji – Kitab Alquran adalah kalam Allah yang merupakan sebuah mukjizat yang diturunkan kepada nabi Muhammad melalui perantara malaikat Jibril.

Ketika itu Rasulullah sedang bermuhasabah diri di dalam gua Hira, tiba-tiba Rasulullah dikejutkan dengan kedatangan malaikat Jibril. Rasulullah yang sedang menyendiri pun seketika terkejut dengan kedatangan malaikat Jibril.

“Bacalah!” kata Jibril mendekati Muhammad yang terpaku.

“Aku tidak bisa membaca,” jawab cucu Abdul Muthalib itu sambil bergetar.

Jibril terus mendesak Rasulullah untuk membaca wahyu dari Allah SWT. Beliau ketakutan hebat hingga menggigil.

Jibril pun memeluk Muhammad sambil memberikan selimut. Namun saat Rasulullah sudah pulih, Jibril kembali mendesaknya.

“Bacalah!”.

“Aku tak bisa baca,” kata Rasulullah pelan. Keringat pun mengucur deras dari segala penjuru tubuhnya.

Jibril kembali memeluknya dan memberikan selimut. Kejadian itu kembali berulang

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (3) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (5)

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah yang paling Pemurah, Yang mengajar manusia dengan pena, Dia mengajarkan kepada manusia apa yang belum diketahuinya.” (Surah Al Alaq 1-5)

Mendengar ayat demi ayat surah Al Alaq 1-5 itu, Rasulullah terdiam. Beliau menyimak baik-baik kalimat tersebut dengan susah payah.

Malam Ramadan itu, 10 Agustus 610 M, diusia Muhammad ke-40 adalah awal dari masa kenabian Muhammad SAW.

Keutamaan Membaca Alquran

Banyak orang yang mengaku sibuk sudah jarang atau mungkin tidak pernah berinteraksi dengan alquran. Padahal, membaca al-Qur’an merupakan ibadah yang paling utama dan dicintai Allah. Dalam hal ini para ulama sepakat, bahwa hukum membaca al-Qur’an adalah wajib ‘ain.

Alquran mempunyai banyak keistimewaan dan keutamaan bagi setiap orang yang membacanya. Maka dari itu, sebisa mungkin kita sempatkan waktu kita untuk membaca alquran walaupun hanya 1 halaman, yang penting kita masih bisa untuk berinteraksi dengan alquran. Diantara keutamaan membaca alquran adalah sebagai berikut

Mendapatkan Syafaat

belajar mengaji

Keutamaan yang pertama adalah orang yang gemar membaca alquran, besok ketika di hari kiamat kelak akan mendapatkan syafaat. Sebagaimana sabda Rasul yang berbunyi “Bacalah al-Qur’an, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat nanti memberi syafaat bagi orang yang membacanya.” (H. R. Muslim).

Pada hari itu, dengan izin Allah ayat-ayat yang selalu dibaca dan dihafalkan dulu ketika hidup di dunia dapat memberikan syafaat dan pertolongan kepada orang yang melakukan amalan tersebut. Selain Rasulllah saw, tidak seorangpun yang dapat memberikan pertolongan kepada seseorang pada hari kiamat, kecuali alquran yang dibaca selama ia hidup di dunia.

Dapat Menyembuhkan Penyakit

belajar mengaji

Banyak orang yang tidak mengetahui ternyata selama ini, ada obat yang mujarab untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit tanpa harus pergi ke dokter, yaitu dengan ayat alquran. Sebagaimana sabda Rasul yang berbunyi “Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat, yaitu madu dan Al-Qur’an” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud).

Dikisahkan juga dulu ada seorang sahabat yang sedang mengalami sakit. Mendengar ada sahabatnya yang sakit Rasulullah menjenguk sahabatnya yang sakit itu. Sesampainya disana Rasul mengambil segelas air yang kemudian dibacakan surat alfatihah sebanyak 3x. Setelah itu di minumkanlah air yang telah dibacakan alfatihah kepada sahabatnya.

Termasuk Keluarga Allah

belajar mengaji

Orang yang sering berinteraksi dengan alquran termasuk golongan keluarga Allah, sebagaimana sabda Rasul yang berbunyi “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia.’ Beliau saw ditanya,’Siapa mereka wahai Rasulullah.’ Beliau saw menjawab,’mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Membaca Satu Huruf Mendapatkan Pahala 10 Kebaikan

membaca alquran

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipat gandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Mendapatkan Sakinah, Rahmah, Doa Malaikat dan Pujian dari Allah

belajar mengaji

Keutamaan yang selanjutnya adalah orang yang senantiasa membaca dan mendengarkan alquran akan mendapatkan sakinah, rahmah, doa malaikat dan pujian dari Allah SWT.

Nabi saw bersabda: ”Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam salah satu rumah Allah (masjid) untuk membaca Kitabullah (al-Qur’an) dan mempelajarinya, melainkan ketenangan jiwa bagi mereka, mereka diliputi oleh rahmat, dikelilingi oleh para malaikat, dan Allah menyebut nama-nama mereka di hadapan para Malaikat yang ada di sisi-Nya.” (H.R Muslim).

Cara Cepat Belajar Mengaji Untuk Pemula

Sebagai seorang muslim yang taat sudah sebuah keharusan untuk bisa membaca alquran, karena alquran adalah pedoman hidup bagi setiap umat islam. Al-Qur’an sebagai pedoman hidup berguna untuk menunjukkan jalan kebaikan dan kebenaran serta sebagai pengingat agar umat Islam berpegang teguh pada kitab suci Al-Qur’an agar selamat di dunia dan di akhirat.

Belajar mengaji idealnya diajarkan sejak usia dini. Tetapi, fakta yang terjadi saat ini adalah masih banyak orang yang telah dewasa juga masih belum dapat membaca alquran. Bahkan, yang lulusan Sarjana, Doktor,sampai profesor sekalipun masih banyak yang belum mengerti tentang alquran ada sebagian juga yang belum bisa membaca alquran. Mereka beralasan tidak mempunyai waktu untuk mempelajari itu karena sudah terlanjur sibuk.

Manfaat belajar alquran sejak kecil adalah otak anak-anak pada usia tersebut berkembang pesat sehingga mampu untuk menampung berbagai informasi yang diterimanya dengan cepat. Hal ini tentu tidak berlaku pada orang dewasa. Orang dewasa yang belum mampu membaca Al-Qur’an akan cenderung sulit untuk belajar karena kondisi perkembangan otak sudah tidak sepesat pada usia kanak-kanak.

Bagi kalian yang sudah terlanjur berumur tetapi masih belum juga bisa membaca alquran jangan khawatir, karena saya akan mengajarkan bagaimana cara membaca alquran yang mudah dan yang pasti mudah untuk dipahami. Marilah kita sama-sama untuk belajar mengaji, karena tidak ada kata terlambat untuk belajar mengaji. Ini juga bisa menjadikan bekal kita diakhirat nanti.

Pengenalan Huruf Hijaiyah

huruf jaiyah

Hal yang pertama harus dilakukan adalah mengenali huruf yang dipakai pada alquran, yaitu huruf hijaiyah. Jumlah ada 29 huruf. Semua huruf ini wajib dihafal jika ingin bisa membaca alquran. Ada yang pengucapannya seperti huruf latin, ada juga yang berbeda, seperti tsa, kha, dzal, dan sebagainya.

Baca Juga 99+ kumpulan Wallpaper Keren Full HD

Selain mengenal bentuk-bentuk huruf hijaiyah secara satu persatu, kita juga harus mengetahui bagaimana huruf tersebut jika disambung dengan huruf lain, apakah bisa disambung atau tidak, apakah bisa menyambung atau tidak. Dalam belajar pengucapan huruf hijaiyah, kita harus mengetahui makhraj-nya, yaitu merupakan tempat keluarnya huruf.

Pengenalan Tanda Baca

harakat

Dalam pelafalan huruf hijaiyah ada yang namanya tanda baca, tanda baca huruf hijaiyah disebut harakat atau bisa disebut juga dengan tasykil. Dahulu kala tidak ada yang namanya tanda baca dan tanda titik dalam pembacaan ayat alquran. Alquran ditulis menggunakan arab gundul. Bagi yang fasih menggunakan bahasa arab hal tersebut bukanlah suatu masalah

Berhubung banyaknya pemeluk Islam yang bukan dari bangsa Arab, dan dikhawatirkan jika terjadi kesalahan dalam memahami isi Al-Qur’an, akhirnya dibuatlah tanda-tanda baca yang sampai sekarang masih berlaku.

Harakat dipakai untuk mempermudah cara melafalkan huruf dalam tiap ayat Al Quran bagi seseorang yang baru belajar dan memahami atau mengenal tanda baca dalam membaca. Berikut adalah macam-macam harakat yang ada pada huruf hijaiyah

1. Fathah

harakat fathah

Fathah (فتحة) merupakan harakat yang berbentuk seperti garis horizontal kecil atau tanda petik ( / ) yang letaknya berada di atas suatu huruf hijaiyah yang melambangkan fonem (a). Secara harfiah, fathah itu sendiri berarti membuka, layaknya membuka mulut saat mengucapkan fonem (a). Ketika suatu huruf diberi harakat fathah, maka huruf tersebut akan berbunyi (-a), contonya huruf lam (ل ) diberi harakat fathah menjadi “la” (لَ ). Cara melafazkannya ujung lidah menempel pada dinding mulut.

2. Kasrah

Kasrah (كسرة) merupakan harakat yang membentuk layaknya garis horizontal kecil ( ِ/ ) tanda baca yang letaknya berada di bawah suatu huruf hijaiyah, harakat kasrah melambangkan fonem (i).  Ketika suatu huruf hijaiyah diberi harakat kasrah, maka huruf tersebut akan berbunyi (-i), contonya huruf lam (ل) diberi harakat kasrah menjadi (li) (لِ).

3. Dammah

Dammah (ضمة) merupakan harakat yang berbentuk layaknya huruf ” waw “( wau) (و) kecil yang letaknya berada di atas suatu huruf arab ( ُ ), harakat dammah melambangkan fonem (u). Ketika suatu huruf hijaiyah diberi harakat dammah, maka huruf tersebut akan berbunyi (-u), contonya huruf ” lam ” (ل) diberi harakat dammah menjadi (lu) (لُ).

4. Tasydid

Tanda baca ini letaknya ada di atas huruf berbentuk seperti huruf “w” tetapi dalam ukuran yang lebih kecil. Tanda baca ini digunakan untuk menggandakan bacaan. Contohnya bisa dilihat pada gambar di atas.

5. Sukun

Tanda baca sukun digunakan untuk mematikan sebuah huruf. Letaknya berada di atas huruf hijaiyah. Tanda baca ini hanya dapat dibaca apabila didahului huruf berbaris fathah atau kasrah dan dhammah

Tajwid

Selain tanda baca, tajwid juga perlu dipelajari dalam belajar membaca Al-Qur’an. Tajwid adalah ilmu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Jika dalam bahasa Inggris, ibaratnya ini adalah grammarnya. Nah, ‘grammar’ dalam bahasa Arab ada bermacam-macam. Ada yang namanya Idzhar, Idgham, ikhfa, iqlab, dan lain-lain

Tips Belajar Mengaji

Bagi kamu yang saat ini sedang belajar mengaji mungkin beberepa tips dibawah ini dapat membantu untuk mempermudah dalam proses belajar membaca alquran

1. Carilah ustadz atau ustadzah untuk membimbing dan mendampingi dalam proses belajar mengaji. Dengan adanya Ustadz atau ustadzah akan sangat membantu Anda untuk belajar membaca Al-Qur’an secara terbimbing.

Pilihlah ustadz atau ustadzah yang Anda sukai. Misalnya sifatnya yang sabar, halus tuturnya, dan sebagainya. Dengan bimbingan ustadz atau ustadzah yang Anda sukai akan membantu diri Anda untuk senantiasa belajar membaca Al-Qur’an secara terbuka dan Insya Allah akan lebih cepat bisa dalam membaca alquran

2. Jika kamu kesulitan untuk mencari guru pendamping. Anda dapat menggunakan metode pembelajaran Al-Qur’an dari sumber yang terpercaya. Dengan model pembacaan ini Anda dapat mencontoh cara pembacaan Al-Qur’an yang baik dan benar.

3. Pada awal-awal pembelajaran pilihlah dari surat-surat pendek terlebih dahulu. Jika sudah mulai lancar membaca surat pendek, barulah mulai mencoba dengan surat yang panjang.

4. Membaca dengan tartil yaitu pelan tapi pasti. Benar panjang pendeknya bacaan yang sedang dibaca.

5. Perbanyak latihan, hal yang paling penting adalah memperbanyak latihan membaca alquran. Berlatih membaca sampai lancar, hingga tajwidnya benar. Mengulang-ulang bacaan disela-sela waktu luang. Ini akan lebih meningkatkan kemampuan membaca Anda.

Ingin Cepat Bisa Baca Alquran ? Kami Punya Solusinya

Yap, seperti pada judul diatas kami punya solusi untuk bapak, ibu, mas, mba, adek jika ingin cepat bisa membaca alquran, hanya dengan waktu 4 Jam saja, Insya Allah sudah bisa membaca alquran. Yakni dengan metode Rubaiyat.

Apa itu metode Rubaiyat ?

Rubaiyat adalah sebuah metode Belajar Al-qur’an yang dirancang oleh Ust. Hamim Thohari, B.IRKH (Hons). Kata “rubaiyat” berasal dari bahasa Arab yang artinya “serba empat”, karena dalam RUBAIYAT ini ada 4 tahapan belajar Al-qur’an, yaitu: Bisa Baca Al-qur’an, Lancar Baca Al-qur’an, Hafal Al-qur’an dan Faham Al-qur’an.

Dengan metode Rubaiyat, Anda bisa membaca Al-qur’an hanya dalam 4 Pertemuan &  4 Pelajaran. 1 pertemuan butuh 1 jam saja, maka dengan metode Rubaiyat hanya butuh 4 jam untuk bisa membaca Al-qur’an. Insyaa Allah.

Rubaiyat sudah dipraktekan di beberapa negara di Asia Tenggara, dan sudah pernah diajarkan di berbagai pulau di Indonesia. Metode ini sudah dibuktikan secara berkesan, ditrainingkan kepada para mualaf di Kuala Lumpur (1999-2000), diajarkan di Nangroe Aceh Darussalam, bahkan hingga Kupang NTT.

Metode Rubaiyat telah digunakan lebih dari 15 tahun dan telah diujicobakan kepada lebih dari 5.000 orang dalam 3 bulan terakhir ( dari akhir bulan Juli 2015 – hingga akhir September 2015) dan berhasil!

Sekarang giliran Anda untuk membuktikan…

Jika berminat langsung saja hubungi nomer wa admin kami untuk order alquran rubaiyat 085792929155

Nah, itu tadi sedikit materi tentang bagaimana cara mudah belajar mengaji dari admin. Bagi kalian yang sedang belajar alquran semoga dimudahkan dalam proses pembelajarannya, tetap semangat Insya Allah jika niat kalian tulus karena Allah, amalan tersebut akan dihitung sebagai pahala di sisi Allah SWT. Dan satu lagi orang yang sedang menuntut ilmu dia sama dengan berjihad fii sabilillah.

Dukungan kalian sangat berpengaruh dalam kemajuan website ini. Share artikel ini jika sekiranya dapat membantu orang yang sedang membutuhkan. Jangan lupa untuk selalu mampir di portal dunia suka-suka ?

3 thoughts on “Cara Cepat Belajar Mengaji Al quran Untuk Pemula [Mudah dan Praktis]

Leave a Comment

%d bloggers like this: